Sabtu

JADWAL HARI RAYA IDUL ADHA 2016 Sidang Isbat Idul Adha 2016

JADWAL HARI RAYA IDUL ADHA 2016 Sidang Isbat Idul Adha 2016. Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin mengumumkan hasil hisab dan rukyat di mana Hari Raya Idul Adha atau 10 Zulhijah jatuh pada 12 September 2016.

JADWAL HARI RAYA IDUL ADHA 2016 Sidang Isbat Idul Adha 2016
Sebab awal bulan Zulhijah jatuh pada 3 September 2016. "1 Zulhijah masuk pada Sabtu 3 September. Dan Idul Adha jatuh pada 12 September," kata Menteri Agama di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Kamis (1/9).

Sebelumnya, Ketua Tim Hisab Rukyat Kemenag Cecep Nurwendaya memberikan pemaparan di hadapan peserta. Di mana turut hadir Ketua Komisi VIII DPR RI, Ali Taher dari fraksi PAN, para duta besar negara sahabat, Ketua MUI Ma'ruf Amin, perwakilan dari ormas seperti NU dan Muhammadiyah. "Kita amati bagaimana ketampakan bulan dari hari ke hari berdasarkan pada fasenya atau bentuknya.

Secara astronomis kita kenal ada new moon, bulan baru," katanya di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Kamis (1/9). Dia menambahkan, awal bulan Zulhijah ditentukan ketika posisi bulan sudah setinggi 2 derajat.

Sehingga kemungkinan awal Zulhijjah akan bertepatan pada Sabtu, 3 September 2016. "Dengan menambahkan sembilan hari maka dapat ditentukan Idul Adha," tutupnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentarnya Ya. Mampir Kembali :)

Related Posts with Thumbnails