Sabtu

SHALAT SUNNAH DHUHA Keutamaan Manfaat Shalat Sunnah Dhuha

SHALAT SUNNAH DHUHA Keutamaan Manfaat Shalat Sunnah Dhuha

Pengertian Shalat Sunnah Dhuha adalah Shalat Sunnah yg dilakukan minimal 2 Rakaat hingga 12 Raka’at dan Waktu Mengerjakan Shalat Dhuha ini dikerjakan di pagi hari tepatnya sekitar jam tujuh pagi hingga sebelum masuk waktu Shalat Wajib Duhur. Cara Mengerjakan Shalat Dhuha ini pun dilakukan seperti mengerjakan Shalat Wajib, yg dikerjakan atau dilakuakan dg diawali Niat Shalat Dhuha dan di akhiri dg kalimat Salam.

Walaupun Shalat Dhuha merupakan Shalat Sunnah 2 Raka’at tetapi mempunyai kelebihan dan Keutamaan Shalat Dhuha yg sangat banyak jika dikerjakan dg ikhlas oleh anda karena Nabi Muhammad Saw jg memerintahkan untuk mengerjakan Shalat Dhuha ini dlm Sabdanya yg berbunyi ” Bershalat Dhuhalah karena dpt mendatangkan Rezeki dan dpt menolak dari kekafiran serta tdk ada yg akan memellihara Shalat Dhuha melainkan orang – orang yg bertaobat”.

Sebelum membahas tentang Keutamaan, Kelebihan dan Manfaat Shalat Dhuha secara lengkap dan jelas ada baiknya jika anda melihat Bacaan Niat Shalat Dhuha yg sdh saya buatkan dibawah ini dlm bahasa arab, bahasa latin dan terjemahan bahasa indonesia sehingga dpt memudahkan anda dlm membaca dan menghafalkanya untuk diterapkan dirumah.

Kemudian untuk Manfaat Melaksanakan dan Mengerjakan Shalat Dhuha, Keistimewaan Melaksanakan dan Mengerjakan Shalat Dhuha serta Keutamaan Shalat Dhuha yg disebutkan dlm Hadist – Hadist yang Shahih mempunyai keutamaan yg antara lain merupakan Shalat Awwabin (Orang – Orang yg taat)  sehingga jika anda mengamalkan, merutinkan dan mengerjakan Shalat Dhuha ini maka anda termasuk kedlm seseorang muslim yg taat.

Kelebihan Mengerjakan dan Melaksanakan Shalat Dhuha yang kedua adlh Shalat Sunnah Dhuha 2 Raka’at senilai dg 360 sedekah. Hal inni sepertii Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi ” Tubuh Manusia mempunyai 360 sendi yg semuanya harus dikeluarkan sedekahnya ” Lallu Para Sahabat Nabi Saw bertanya, ” Siapakah yg mampu melakukan hal ituu wahail Rasoll ? ” Beliau Nabi Muhammad menjawab, ” Engkau membersihkan dahak yg ad didlm Masjid ittu Sedekah, kamu melakukan hal2 yg baik maka hal itu sedekah.

namun jika kamu tdk dpt menemukanya (Sedekah sebanyak itu) maka mengerjakan Shalat Sunnah Dhuha 2 Raka’at sdh mencukupi mu (Hadist HR. Abu Dawud) ”. Lallu untuk Keistimewaan Shalat Dhuha yg ketiga ialah Shalat Dhuha dengan 4 Raka’at dpt membawa kecukupan disepanjang hari, Allah Swt dlm firman-nya ” Wahai Anak adam janganlah kamu luput dari 4 (empat) Raka’at diawal harimu (dipagi hari), niscaya aku akan cukupkan untukmu disepanjang hari itu (HR. Ahmad)”.

Sedangkan Keutamaan Mengerjakan dan Melaksanakan Shalat Dhuha yg keempat ialah dijelaskan didlm Hadist HR Tirmidzi bahwa siapa yg mengamalkan Shalat Dhuha maka ia akan mendapatkan rezeki yg lebih banyak dari harta rampasan perang, baik dlm hal kuantittas harta atau keberkahan harta tersebut. Kemudian Manfaat Shalat Dhuha yg ke lima ialah pahala mengerjakan Shalat Dhuha dpt senilai dg pahala mengerjakan Umrah di Mekkah.

Itulah beberapa Kelebihan, Keistimewaan dan Keutaman Shalat Dhuha menurut beberapa Hadist – Hadist yg Shahih atau dpt dipercaya dan semoga tulisan yg sederhana dari kami ini dapat berguna bagi anda sekalian karena Kelebihan Shalat Dhuha sangat banyak sekali sehingga sangat rugi jika kalian para muslim tidak berusaha untuk menunaikan dan mengerjakanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentarnya Ya. Mampir Kembali :)

Related Posts with Thumbnails